Senin, 20 Februari 2012

SABLON MANUAL

Bahan sablon kaos manual akan saya bahas disini sebagai kelanjutan dari rangkuman materi yang terakhir sudah sampai pada bahan sablon untuk afdruk screen sablon. Oh iya, materi cara afdruk screen sablon kaos sudah ada di artikel saya terdahulu jadi tidak saya refresh lagi karena sudah sangat detail saya sajikan. Untuk bahan sablon ini saya akan membahas tentang bahan sablon yang bisa anda siapkan jika anda masih dalam tahap belajar sablon kaos. Bahan sablon apa sajakah yang penting untuk anda ketahui jika anda masih dalam tahap belajar ini, mari kita lihat daftar berikut ini,
  1. Obat afdruk (sudah saya bahas)
  2. Tinta sablon
  3. Pewarna
  4. Bahan tambah lainnya (sesuai kebutuhan)
Sementara saya batasi 4 itu dulu ya, okay sekarang saya akan bahas satu per satu disini, untuk bahan sablon untuk afdruk sudah saya bahas, sekarang kita melompat ke bahan sablon yang sering disebut sebagai tinta sablon kaos. Tinta sablon kaos adalah binder elastis siap pakai yang banyak dijual dipasaran dengan pilihan jenis CLEAR, WHITE dan MAT atau biasa juga diistilahkan dengan TRANSPARAN, WHITE dan NETRAL atau OPAQUE. Selanjutnya bahan sablon lainnya adalah pewarna, bahan sablon ini sangat banyak merknya, tersedia dalam kemasan ons, sekiloan, galaon dan dru besar, pewarna ini sesuai dengan namanya fungsinya adalah untuk ditambahkan pada tinta sablon kaos baik CLEAR, WHITE atau MAT sehingga bisa menghasilkan warna sesuai dengan warna yang akan kita hasilkan. Bahan tambah lainnya yang perlu diketahui untuk pemula adalah bahan sablon CATALYST fungsinya adalah sebagai penguat screen agar tidak cepat rontok jika dipakai untuk menyablon dalam jumlah banyak. Bahan sablon lainnya yang perlu diketahui oleh pemula tetapi sifatnya adalah mengikuti kebutuhan saja yaitu ANTI MAMPAT yang berfungsi untuk menjaga kestabilan tinta sablon agar tidak cepat mengering di screen dan menjadikan bentukan hasil afdruk mampat dan menghambat pekerjaan, bahan sablon tambahan yang lainnya adalah pengencer tinta, ini penting saya sampaikan karena kadang ada jenis tinta sablon yang walaupun namanya waterbase ternyata sangat mudah pecah jika saat dipakai kita encerkan dengan air biasa (ini sifatnya kasus saja). Demikian dulu artikel bahan sablon ini saya buat untuk melengkapi artikel sebelumnya, mohon maaf bagi para senior yang sering mengkritisi bahasa dan istilah teknis yang sering tidak saya pakai, saya tidak punya maksud apa-apa kecuali hanya ingin membuat materi pada artikel saya mudah dimengerti oleh pemula saja.

1 komentar: